blog-img

Sintren dari SD Negeri Pajomblangan

Muhaimin,S.Pd.M.Si | Prestasi | 28/11/2023

Senin, 27 November 2023, SD Negeri Pajomblangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, menoreh prestasi yang membanggakan dalam ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam ajang tersebut berhasil meraih juara harapan 2 kategori mendongeng putri atas nama Anti Nur Ainayya siswa kelas 6.

Kegiatan FTBI tingkat provinsi Jawa Tengah di selenggarakan dari tanggal 24 – 26 Nopember 2023 di hotel Patra Semarang yang diikuti oleh perwakilan siswa SD dan SMP dari 35 kab/kota se-Jawa Tengah dengan jumlah 560 peserta.

Pada kegiatan tersebut Kabupaten Pekalongan mengirimkan 16 peserta perwakilan dengan cabang lomba menulis dan membaca huruf Jawa, menulis cerkak, mendongeng dan pidato bahasa Jawa (sesorah).

 

“Saya bangga, bisa mengantarkan anak didik saya sampai maju ke tingkat provinsi. Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa mengingat sekolah dasar ini baru pertama kali mengikuti kejuaraan dan alhamdulillah pulang tidak dengan tangan hampa. Sukses untuk Kabupaten Pekalongan, semoga ke depan bisa meraih pencapaian yang lebih baik lagi.” Ungkap pelatih mendongeng yang bertema sintren ini.

Dok. Foto Pelatih Menyiapkan Sebelum Tampil

“Keberhasilan siswa merupakan proses awal dari perjalanan yang masih panjang karena ke depan saya punya harapan-harapan besar terhadap siswa karena mereka punya potensi dan perlu kesungguhan dan keseriusan untuk memolesnya agar potensi tersebut tereksplor” ujar Nurtrianik guru SD Negeri Pajomblangan yang melatih siswa tersebut, tidak berlebihan apa yang dikatakan karena dia adalah guru yang aktif dalam dunia literasi, sudah banyak karya buku yang dia tulis.

Keberhasilan Anti Nur Ainaya Siswi SD Pajomblangan telah memberikan pengalaman yang berharga bagi siswi tersebut, dia begitu percaya diri dari awal penyisihan di tingkat kecamatan, kabupaten dan bahkan saat akan tampil di tingkat provinsi.

Dok. Nayya Juara Harapan 2 Mendongeng Tingkat Provinsi

“Seperti bercerita pada teman-teman, cuma ini saya berpakaian penari  jadi seperti mau pertunjukan sintren beneran,“ ucapnya santai sebelum tampil dalam lomba.

Juara harapan 2 lomba mendongeng tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diraih oleh siswi SD Negeri Pajomblangan tak lepas dari keseriusan bapak Hadi Risqon, S.Pd.SD. Dia selalu mendampingi dan memantau dari awal proses latihan sampai lomba ke tingkat provinsi.

Dok. Hadi Risqon (Kepala Sekolah)

“Saya bangga dengan prestasi yang di raih Nayya, terimakasih bu Ani yang telah memberikan warna berbeda di SD Pajomblangan semoga ini menjadi virus yang menular pada siswa dan guru di SD Pajomblangan,“ ucap Hadi Risqon, S.Pd.SD, kepala sekolah SD Negeri Pajomblangan dengan penuh rasa gembira

Seni Budaya Sintren yang diangkat sebagai tema dalam lomba mendongeng ditingkat Jawa Tengah tidak hanya sekedar untuk lomba tapi akan lebih mengangkat dan mengenalkan budaya Sintren yang penuh dengan unsur seni kepada masyarakat secara luas.